aurat ki kahani / W2P

Aurat Ki Kahani Community

” orang yang kamu pikir bodoh dan tidak penting adalah seseorang yang datang dari Tuhan, yang mungkin mempelajari kebahagiaan dari kesedihan dan pengetahuan dari kegelapan “

Link Tree adalah pohon komunitas kami yang sudah mengalami perubahan dari tahun ke tahun begitu juga dengan pengurusnya …

Komunitas kami kini tampil lebih inovatif dan makin mudah dijangkau melalui LINK TREE https://linktr.ee/W2P ini …

  1. Grup FB yang sudah berdiri sejak 2012 silih berganti tujuan juga nama yang tujuan awal adalah jualan berubah fungsi menjadi untuk pengetahuan 

GRUP FB warna warni of pakistan 

  1. Blog yang memuat artikel – artikel mengenai budaya , birokrasi mixed marriage juga tentang sistem kekeluargaan bangsa south asia secara umum 

BLOG warnawarniofpakistan

  1. Blog yang memuat hal – hal mengenai dunia seputar negara Pakistan secara lebih lugas dan paparan fakta dalam english subtitle 

BLOG Marrying Pakistani 

  1. Grup whatsapp yang berdiri sejak 2014 untuk memberi informasi secara lebih dekat dengan para wanita Indonesia dan berinteraksi secara langsung  

FORM FOR JOIN 

  1. Page komunitas yang baru dibentuk untuk lebih dekat memberikan pengetahuan secara lebih publik ke orang – orang yang membutuhkan informasi terutama wanita Indonesia .

PAGE warnawarni of pakistan 

  1. Another social media yang kami gunakan untuk memberikan pengetahuan baik berupa informasi atau berinteraksi secara langsung dengan narasumber lewat podcast LIVE . 

IG warnawarniofpakistan

  1. Rangkuman tentang birokrasi yang harus dilalui pasangan pernikahan campuran di Indonesia sebagai bahan bantuan juga informasi untuk yang sedang berjuang melalui proses birokrasi ini .

BIROKRASI PER ~ CA 

  1. Kumpulan beberapa pertanyaan yang paling sering muncul dari newbie yang tergabung dalam grup WA , kami merangkum nya agar menjadi pengetahuan dasar baik secara umum atau newbie yang baru bergabung .

FAQ of Aurat Ki Kahani

aurat ki kahani / W2P

SELAYANG PANDANG

Anak-anak muda jaman sekarang itu lucu dan agak susah dimengerti. Mereka cukup bersemangat membuat berbagai macam proposal untuk kegiatan organisasi yang mereka ikuti. Tapi proposal hidup yang berisi visi dan strateginya meraih mimpi, justru lupa mereka buat sendiri.

― Lenang Manggala, Founder Gerakan Menulis Buku Indonesia

Sebenarnya tidak ada yang melarang cwek-cewek berhubungan dengan pakistani man cuma yg menjadi persoalan dari tahun ke tahun adalah SHOCKING CULTURE …

Sejak awal kami sering menasehati soal budaya juga sistem kekerabatan keluarga pakistan itu bagaimana tapi ya ada yang menerima positif ada yang negatif bahkan ada yang sampai menjudge sebagai pembenci pakistan ….

Saya pribadi berdasarkan pengalaman cerita last past 3 tahun ini termasuk cwek2 bule atau pak women sendiri yang menjadi momok masalah adalah budaya juga family system mereka yang utama itu ya tentang joint family …

Grup atau komunitas ada untuk berbagi informasi bukan menakuti …

Kalau ada bini pakistani yang kalian lihat masih sama suami tapp ikok cerita-cerita begini bukan niat kami menakuti tapi memberi kalian pelajaran untuk adjust dn memahami budaya ini bagaimana karna melawan salah , tidak melawan juga salah untuk diri kita sebagai Indonesian apalagi kita kan terlahir sebagai generasi kartini .

Semua kembali ke kalian mau menerima atau menolak , pada akhirnya kalau kalian berjodoh tetap suka tidak suka kalian harus berhadapan dengan hal ini dan semoga dengan saling sharing disini tentang budaya dan family system setidaknya kalian tidak kaget atau panik lagi …

Kenapa saya bilang panik maaf terkadang karakter seorang suami berubah sebelum dan setelah menikah termasuk waktu di Pakistan dan waktu bukan di Pakistan …

Jadi kuncinya ada pada calon pasangan kita , kalau dia laki2 yang mampu bersikap netral , bisa menjadi penengah yang baik bahkan bisa menjadi pendengar yang baik bukan yang man dominated , bersyukurlah ..

Selain hal diatas , yang perlu dipahami juga birokrasi karena pernikahan dua negara tidak sesimple pernikahan sesama bangsa sendiri jadi persiapkan pengetahuan juga karena ini adalah homework yang berkelanjutan terutama tentang hukum pernikahan baik negara Pakistan atau negara Indonesia …

mixed marriage

CATATAN KECIL MIXED MARRIAGE

Perbedaan itu pasti ada, bagaimana kamu memahaminya. Memilih itu boleh saja, bukan berarti keinginanmu terpenuhi semua.

Menikah sama orang asing itu menyenangkan ? Ya untuk orang luar yang masih awam mungkin tapi untuk yang paham BIROKRASI DAN HUKUM JUGA ATURAN , itu sangat memberatkan karena mulai dari menikah sampai salah satu pasangan meninggal kita akan selalu berurusan dengan sekian departemen terkait urusan orang asing …

Lelah ? Sudah jelas meski di mata org luar wah hebat … ya hebat memang tapi kan hal2 begini pasti UUD …. ujung2nya duit 😂

Sekalipun bukan korupsi tapi itu uang loch yang mungkin bisa utk memenuhi kebutuhan lain malah jadi untuk bayar aturan negara demi anak dan pasangan hehehehe …

Ada yang bilang waaah untuk perbaiki keturunan enak punya anak hidung mancung sama ganteng …. wah ini mah tergantung gen kamu bagaimana ? Kalo jelek meski gen pasangan bgus , klo anak ikut gen kamu ya sudah jelas jelek apalagi kalo sama2 jelek MAAF …

Siapa bilang orang asing itu wah2 wajahnya? Kalo iya tidak mungkin mereka cari pasangan luar kan justru karena mereka sudah menganggap orang dari negara mereka sendiri itu jelek dan standar buat mereka makanya mereka cari orang luar begitupun kita org Indonesia …

Enak mbak bisa jelong dan tinggal di luar ? Iya kalau duit pasangan elo banyak jelong2 terus tapi kalau gaji sudah habis untuk biaya birokrasi apa yg dibilang jelong2 apalagi kalo cuma tinggal di negara pasangan atau di Indonesia sudah gitu si pasangan kagak kerja , ngenes iya hehehehe ….

Kami tinggal di negara lain mba ? Tinggal di negara lain emang GRATIS ?

Pikirkan visa kan tidak gratis apalagi kalo mau kerja di negara orang , biaya sandang papan pangan bagaimana belum biaya kirim duit ke keluarga di dua negara bagaimana ? Apakah itu cukup ? Ya cukup alias ngepas padahal dua2 sudah kerja loch …

Ya kecuali company pasangan kalian bonafit dan siap tanggung kalian semua , ini jelas lebih dari cukup karena tinggal isi kulkas dan lemari yang kalian tanggung …

So pahami lach pernikahan campur itu bukan tentang hal menyenangkan sebenarnya , lebih banyak dukanya sebenarnya dari sisi keuangan , mental dan waktu …

Saya tidak membahas dan bicara ini agar jangan nikah sama orang asing loch tp silahkan kalau memang jodoh , ini sekedar gambaran kehidupan pasangan mixed marriage yang sebenarnya dibalik hal yang publik lihat dari luar selama ini …

Jadi pertimbangkan kantong , mental juga gen kalo mau perfect hehehehe …

Jangan sudah ijab kabul eh apa2 ngeluh kiri kanan terutama shock budaya dan kebiasaan atau karakter …

pakistan, south asia

ADAB BERADAB DI PAKISTAN

Orang yang minim toleransi pasti sering hidup dalam lingkungan yang homogen sehingga gagap pluralisme.

Sebagai orang asing yang berkunjung atau menetap di satu negara terutama negara Pakistan , sudah jelas kita tidak bisa sebebas seperti hal yang umum kita lakoni di negara kita sekalipun Pakistan negara bermayoritas muslim juga …

Banyak hal yang perlu kita pahami tentang bagaimana bersikap dalam lingkup bermasyarakat di Pakistan pastinya … 

1. Lebih baik membiasakan diri menggunakan abaya & niqab ( bukan hijab style ) bila keluar rumah demi keamanan kita sendiri. Umumnya beberapa kota di Pakistan masih strict dalam berinteraksi di publik seperti di propinsi Sindh hampir 80 % cewek mengenakan abaya & niqab sdgkn propinsi punjab seperti LHR atau Islamabad masih lebih open apalagi di pedesaan . Kaum Pakistanis man bukan kaum yang cukup bebas melihat wanita bahkan mengenal nama tetangga mereka cukup dari  their sister or ammi apalagi mau berinteraksi jelas masih tabu dan bisa menimbulkan masalah di antara kaum lelaki …

     2.    Jangan terbiasa ramah apalagi tersenyum di tempat umum pada orang yang kita temui sekalipun penjual , ini bisa menimbulkan salah kaprah ke mereka entah dalam bentuk negatif ke pasangan kita ( dianggap we like the person ) atau orang yang kita senyumin mikir kita ada hati ke mereka meski sebenarnya tujuan kita hanya bersikap ramah saja …

   3.    Dalam hal berinteraksi selalu waspada dengan sekeliling kita karena banyak tangan jahil yang sengaja untuk menyentuh kita meski hanya tangan kita dan itu di sengaja mungkin itu tidak masalah karena di Indonesia hal semacam ini biasa saja tapi tidak di Pakistan , ini bisa menciptakan masalah ke pasangan kita yang lebih memahami karakter dan behave pakistani man bagaimana …

     4.     Jangan pernah percaya pada orang yang ada disekeliling kita sekalipun kita tersesat arah misalnya , pokoknya mandirikan diri bersikap normal dan tetap positif thinking agar tidak ada orang yang memanfaatkan situasi kita … 

    5.   Jangan terlalu menonjolkan diri apalagi serasa diri sebagai bener2 wanita asing karena mereka hanya akan menikmatinya dalam artian negatif jadi kalau bisa cobalah bersikap seperti pakistani women yang tidak ramah bahkan ke orang yang ada di sampingnya sekalipun …

    6.    Biasakan membawa kelengkapan diri seperti paspor dan ID card nasional kita , usahakan kita punya kontak pegawai KBRI atau KJRI juga melaporkan diri setelah kita tiba di Pakistan … 

   7.    Ingat permasalahan apapun dengan mahram atau pasangan kita sebisa mungkin tidak dihadapan publik karena alih2 kita ingin orang tau yang ada malah memancing di air keruh karena urusan RT atau keluarga dianggap ranah personal bukan urusan kriminal kalau terjadi pemukulan misalnya … 

   8.  Biasakan diri melihat tindakan main hakim sendiri di publik area karena ini hal umum termasuk mendengar suara orang berbicara kayak lagi pengumuman pake horn karena ini akan jadi hal yang sehari – hari kita hadapi di luar rumah ( jangan kaget apalagi niat nolong , never do it !!! ) …

  9.  Tanamkan dalam pikiran bahwa ini adalah PAKISTAN NOT INDONESIA , jadi buang jauh2 pikiran bahwa mereka punya rasa empati , ada memang yang punya humanity sense tapi tidak semua so tetap berhati – hati atas semua pertolongan yang diberikan … 

Tidak semua negara bisa menerima adab beradab kita sebagai negara Indonesia apalagi untuk negara Pakistan dimana mereka masih kuat memegang adab beradab yang berbeda bahkan terbilang unik meski di era tahun 2020 ini …